Sabtu, 16 Maret 2013

Wisata Candi : Candi Abang


Lokasi : Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten 
               Sleman, Yogyakarta.  
               Tempat candi ini berada juga berdekatan dengan Bandara Adisucipto.

Candi Abang adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong yaitu didusun Candiabang kelurahan Jogotirto, kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno . 

Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa), dan diperkirakan mempunyai umur yang lebih muda dari candi-candi Hindu lainnya. Bentuk candi ini berupa segi empat dengan ukuran 36 m x 34 meter, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Pada waktu pertama kali ditemukan, dalam candi ini terdapat arca dan alas yoni lambang dewa Siwa berbentuk segidelapan (tidak berbentuk segi empat, seperti biasanya) dengan sisi berukuran 15 cm. 

Beberapa orang menganggap Candi Abang merupakan tempat penyimpanan harta karun pada zaman dahulu kala, oleh karena itu sering dirusak dan digali oleh orang tidak bertanggung jawab (pada bulan November 2002, misalnya) yang mencari harta peninggalan sejarah dan barang berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar