Jumat, 08 Maret 2013

Wisata Alam di Kab. Kulon Progo

1. Curug Sidoharjo

Untuk menuju ke obyek wisata  ini hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki ± 500 m dari jalan raya. Sambil berjalan anda bisa menikmati pemandangan yang indah disepanjang jalan diiringi oleh kicauan burung. Curug merupakan obyek wisata yang berupa air terjun dengan ketinggian 75 meter. Disini jika kita beruntung disamping melihat air terjun anda juga akan menemui kera ekor panjang yang bergelantungan di tebing-tebing. Untuk memanjakan pandangan anda, anda bisa naik jalan setapak yang menuju ke atas. Di samping berupa air terjun, di sini anda bisa berpetualang panjat tebing, refling, meluncur ( flying fock ) dengan catatan anda harus membawa peralatan sendiri.  Obyek wisata curug masih bersifat alami dan belum banyak mendapat perhatian. Obyek wisata ini Terletak di Pedukuhan Gorolangu.

2. Watu Segandul

Watu Segandul merupakan obyek wisata yang sangat menarik yaitu adanya batu besar yang terjepit di sungai dan di situ ada gua yang didiami banyak kelelawar. Sebenarnya bukan hanya bentuk batu besar terjepit saja yang menarik, tetapi ketika anda sampai kesana anda akan takjub dengan keindahan alam dengan berbagai ragam jenis tanaman dengan air yang menetes dari atas tebing, dengan juluran-juluran akar dari atas tebing. Indah sekali. Selain bentuk batu yang terjepit disini juga terdapat mata air yang dimanfaatkan oleh Pedukuhan Tetes, Desa Sidoharjo dan Pedukuhan Mengger Malang, Desa Gerbosari. Untuk menuju obyek ini anda harus melewati jalan setapak melalui sungai kecil, dan anda harus berhati-hati karena lokasinya sulit dilalui dan harus memanjat tebing, diharapkan kalau anda datang harus membawa tambang untuk pegangan menaiki tebing. Obyek wisata ini terletak di perbatasan Pedukuhan Nglambur Desa Sidoharjo dengan Pedukuhan Mengger Malang Desa Gerbosari.

3. Kandang Waru, Alang - Alang Kumitir

Obyek wisata ini terletak di Pedukuhan Nglambur, berupa pamandangan alamnya yang   indah dan alami.

4. Puncak Pungangan

Kalau anda mengunjungi puncak Suralaya belum lengkap jika anda belum menaiki puncak Pungangan. Puncak Punganngan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan puncak Suralaya dengan pemandangan yang lebih menarik, jika cuaca cerah anda bisa mengarahkan pandangan kearah mana saja, ke utara, selatan, barat dan timur. Obyek wisata ini terletak di Pedukuhan Nglambur.



5. Batu Gedali Sada

Obyek wisata ini berbentuk batu besar berbentuk cekung menyerupai gua, yang berfungsi sebagai tempat bertapa dan ritual keagamaan jaman dulu. Menurut cerita sebenarnya Gedali sadaa ada dua bagian yang mempunyai fungsi masing-masing, bagian pertama dipergunakan untuk tempat sembahyang  nenek moyang jaman dulu ( kemungkinan agama Hindu dan Budha tetapi belum dapat dipastikan ), bagian kedua dipergunakan untuk tempat Semedi ( bertapa ). Karena terjadi bencana alam sehingga yang bagian pertama hilang, kemungkinan longsor, sehingga saat ini tinggal satu tempat. Untuk saat ini yang satu tempat tersebut masih sering digunakan untuk bertapa. Obyek wisata ini sangat ramai ketika tanggal 1 Muharam ( 1 Sura ) bersamaan dengan ramainya puncak Suralaya. Obyek wisata ini terletak di Pedukuhan Nglambur.

6. Goa Indra Kila

Obyek wisata ini berbentuk batu besar yang menyerupai gua, sama halnya dengan Gedali sada tempat ini sering digunakan untuk bertapa, kebanyakan yang bertapa adalah orang dari luar daerah. Obyek wisata ini terletak di Pedukuhan Nglambur.





7. Tracking

Untuk wisata jenis ini tersedia di 18 Pedukuhan di Desa Sidoharjo dengan pemandangan yang indah dan anda bisa mampir untuk membeli salak dan buah-buahan lainnya langsung dari kebun warga.










8. Gunung Kendil

Gunung Kendil merupakan bagian dari pegunungan menoreh yang menjadi tempat terbaik untuk menikmati indahnya panorama alam berupa perkebunan rakyat dan wilayah sekitar Magelang. Gunung kendil juga menyuguhkan indahnya Candi Borobudur yang tampak berdiri menjulang diantara titik-titik hijau pepohonan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar