Rabu, 06 Maret 2013

Desa Wisata di Kab. Kulon Progo

1. Desa Wisata Banjarsari

Desa wisata Banjarsari terletak di Dusun Banjarsari, Kelurahan Kalibawang, Kecamtan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Berbagai macam keindahan alam dan fasilitas bisa akan memuaskan anda di desa wisata banjar sari ini, anda bersama keluarga akan dimanjakan dengan berbagai macam kegiatan petualangan menyuri indahnya alam pedesaan dan anda juga bisa menemukan makanan khas kulonprogo yang tentunya akan mengoyang lidah anda. Desa wisata banjarsari bisa anda jadikan solusi untuk menghilangkan penat anda dalam pekerjaan dan meninggalkan suasanan perkotaan yang sudah tidak nyaman lagi, bersama keluarga anda bisa berkumpul dan bermain bersama.

Hamparan area persawahan yang elok, udara yang sejuk dan kicauan burung akan menenangkan dan mendamaikan hari- hari anda di desa ini, embun pagi masih terasa bisa anda nikmati jauh dari kota yang penuh polusi. Berbagai kegiatan bisa anda lakukan disini, tentunya yang paling menarik adalah jelajah alam, menikmati dan menelusuri sungai progo yang masih terjaga kebersihanya yang memang dirawat dan untuk kepentingan wisata ini sangat menyenangkan, berbagai tanaman dan pepohonan hijau akan mengiasi indahnya sunga ini, anda bisa menikmati sungai progo hanya sekedar cuci muka dan basah- basah badan tentunya dengan air sungai  yang bersih dan sejuk. Selain itu anda juga bisa melihat dan belajar tentang berbagai macam kesenian khas jawa dan daerah kulonprogo sendiri tentunya, kesenian dan budaya seperti wayang kulit , jathilan, krawitan dan angguk akan menghibur anda sekeluarga tentunya.

Disediakan Home Stay bagi anda yang ingin bermalam dan bertempat tinggal sementara didesa ini, dengan bangunan unik dan  bangunan rumah khas jawa. Yang menarik berbagai macam makanan khas Kulonprogo bisa anda nikmati disini, seperti Slondok, gethuk telo, kripik singkong, gula aren dan masih banyak yang lainnya. Susana rumah joglo tempo dulu anda lihat diberbagai sudut didesa banjarsari ini, yang bertujuan agar agar suasana budaya dan adat jawa tempo dulu tetap terasa dan selalu dingin setiap pengunjung yang datang didesa ini.


2. Desa Wisata Sidoharjo

Siapa yang tidak mengenal perbukitan manoreh yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta, perbukitan yang begitu elok, menakjubkan dan begitu indah bisa anda nikmati dalam satu paket di desa wisata sidoharjo. Desa wisata sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Setiap desa wisata mempunyai keunikan dan ciri khas sendiri- sendiri, seperti desa wisata garotan yang istimewa karena reatifitasnya, desa wisata sidoharjo juga memiliki keistimewaan tersendiri, dengan letaknya yang berada diatas Perbukitan Manoreh, desa wisata sidoharjo ini bisa anda jadikan tujuan wisata anda yang bisa mendidik, mendekatkan dan bertukar pikiran dengan warga desa sidoharjo, tentunya ini bisa menjadi hal yang sangat langka untuk anda temukan ditempat wisata yang ada dikota- kota yang sudah bukan tempat wisata alami.

Desa wisata sidohajo menawarkan berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan, mendekatkan diri dengan alam dan penduduk sekitar tentunya menjadi proritas utama sebagai tempat wisata yang ditujukan untuk itu. Menjelajahi alam memang sangat menyenangkan terutama wilayah wilayah perbukitan perbukitan manoreh dan lokasi desa wisata ini, dalam kegiatan penjelajahan alam, anda bisa menemukan  curug atau dalam bahasa Indonesia artinya air terjun, air terjun sidoharjo yang mempunyai tinggi 75 meter, selain itu anda juga bisa menemukan gua lawa(kelelawar), yang merupakan gua yang terbentuk dari batuan besar yang diapit oleh sungai. Flora dan fauna langka juga terdapat dihutan disekitar desa ini, seperti ratusan monyet ekor panjang yang merupakan hama dari perkebunan yang dimiliki warga, selain itu macan tutul, luwak, musang, trenggiling, biawak dan garangan juga ada disini, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Menyatu dengan alam tentunya sangat menyenangkan dan menenangkan pikiran serta hati, tapi tidak kalah menyenengkan jika kita lebih dekat lagi dengan warga desa sidoharjo, memang sengaja didesa wisata sidoharjo ini tidak didirikan losmen dan penginapan, bagi anda yang ingin datang dan menginap didesa wisata ini bisa menginap dirumah- rumah warga, semua itu bertujuan untuk mendekatkan kita warga, sampai santap pagi, siang dan malam anda akan menikmati masakan yang bisa warga makan. Selain itu semua anda bisa menikmati pertunjukan seni dan budaya seperti didesa – desa wisata lainnya, seperti jathilan,kethoprak, sholawatan, rebana, hadrah, krawitan, ande- ande lumut, wayang kulit, semua itu bisa menjadi hiburan saat anda berkunjung ke desa wisata sidoharjo.  Selain itu anda juga bisa menikmati hasil perkebunan salak pondoh, dengan dimakan langsung atau salam bentuk yang sudah diolah menjadi kripik salak. Jadikan desa wisata sidoharjo sebagai tujuan wisata anda untuk lebih belajar lagi tentang indahnya kehidupan desa dan mendekatkan kita kepada alam serta mengenal lebih jauh pertunjukan seni dan budaya yang sudah tidak anda temukan lagi di perkotaan.


3. Desa Wisata Nglinggo

Hamparan perkebunan teh yang hijau menyejukan mata, ditambah dengan udara sejuk khas pegunungan manoreh semua itu yang ditawarkan di desa wisata nglinggo. Desa wisata nglinggo terletak di dusun  nglinggo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Keindahan alam yang masih alami memang menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa menenangkan hati, dan semua itu bisa anda dapatkan didesa wisata ini. ditambah dengan penduduk yang ramah tamah menjadi kenyamanan dan harmonisasi yang istimewa jika anda berkunjung dan menetap didesa ini.  Jadikan desa  wisata nglinggo sebagai tujuan wisata anda untuk menenangkan pikiran dan berkumpul bersama keluarga.

Pemandangan alam di desa ini memang sangat luar biasa, dari alam yang begitu indahlah desa ini dijadikan sebagai desa wisata didaerah kulon progo, di desa wisata nglinggo anda akan menemukan suatu tempat yang dinamakan puncak nglinggo, dari sini anda akan melihat pemandangan alam dari atas, mulai dari hamparan karpet hijau kebun teh sampai pemandangan yang menakjubkan hutan pinus yang tinggi menjulang langit. Yang paling menyenangkan anda akan menemukan air terjun grojogan watu jonggol yang menawan dengan tinggi 60 meter. bertemu dengan penduduk setempat yang ramah tamah, dan melihat aktivitas mereka, mulai dari beternak, berkebun dan bertani menjadi penyemangat tersendiri buat kita untuk lebih maju, dan pemandangan seperti ini sangat baik untuk mendidik putra dan putri anda yang sedang beranjak dewasa , agar lebih mengerti tentang kehidupan desa yang bersahaja.

Didesa ini anda  juga bisa menikmati sajian pertunjukan seni dan budaya desa nglinggo, seperti halnya desa wisata lainnya, pertunjukan seperti jathilan , karawitan , wayang kulit dan angguk menjadi sesuatu yang menarik untuk ditonton dan dipelajari maknanya. Disediakan bagi anda home stay bagi anda yang ingin bertempat tinggal sementara disini bersama keluarga, selain itu makanan khas desa nglinggo akan menjadi menu utama santa pagi, siang dan malam anda, yang menarik untuk dicoba rasanya. Selain desa wisata nglinggo anda juga bisa berkunjung kedesa wisata lainnya yang berada di daerah kulo progo, desa wisata seperti desa wisata sidoharjo dan desa wisata garotan, tentunya dengan keistimewan masing- masing desa akan memuaskan anda sekeluarga ataupun bersama teman- teman.


4. Desa Wisata Banjaroya


Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara) adalah sebuah desa di lereng perbukitan Menoreh yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Letak desa ini berada pada jalur wisata Jogjakarta – Borobudur, 8 km sebelah selatan Candi Borobudur dan 24 km dari kota Yogyakarta. Krakteristik penduduknya sebagian besar petani perkebunan (kakao) dan  penderes nira (bahan dasar pembuat gula jawa). Di Desa Wisata Banjaroya tradisi dan adat masih dilestarikan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Di Dewa Bara wisatawan dapat belajar banyak hal mulai dari mengikuti kegiatan sehari-hari warga seperti bertani, mengolah hasil pertanian sampai dengan menjualnya di pasar.  Selain itu wisatawan juga dapat belajar teknologi pertanian, belajar seni budaya lokal, melakukan kegiatan petualangan (tracking, outbond) dan mengikuti kegiatan-kegiatan adat masyarakat.
Dewa Bara  adalah sebuah kawasan wisata desa/ desa wisata dengan karakteristik yang berbeda untuk tiap dusunya. Anda bisa menentukan sendiri lokasi yang ingin anda kunjungi. Bagi yang gemar fotografi, anda bisa mengunjungi bendungan Ancol yang merupakan hulu dari selokan mataram. Bagi yang gemar petualangan, anda dapat menyusuri Sungai Progoataupun mengadakan kegiatan rafting atau arung jeram atau juga melakukan kegiatan tracking ataupun mengendarai motor trail menyusuri jalan-jalan desa yang asri dan sejuk. Untuk umat Islam yang ingin berziarah bisa mengunjungi Makam Simbah Kyai Krapyak Tsani , Makam Simbah Kyai Banjar ataupun Makam Sentono, sedang bagi umat Nasrani bisa berziarah ke Goa Maria Sendangsono. Tak ketinggalan untuk pecinta buah durian, jangan mengaku pecinta durian kalo belum pernah merasakan nikmatnya durian Banjaroya yang lebih dikenal dengan sebutan durian menoreh.
Untuk lokasi live in,  Dewa bara memiliki dua lokasi dengan karakteristik yang berbeda :

Lokasi 1 :  Banjaran – Pantog Wetan

Dusun Banjaran dan Pantog Wetan berada di kaki bukit Menoreh . Sebagian besar warganya adalah petani kakao dan pengrajin gula jawa. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman hidup yang berharga di sini. Selain suasana kehidupan asli pedesaan anda juga dapat mempelajari banyak hal seperti : proses pengolahan  kakao (Coklat), pembuatan gula jawa, pembuatan makanan dan minuman tradisional, pembuatan jamu tradisional dan lain-lain. Di tempat ini juga terdapat peninggalan sejarah berupa lingga yoni yang sering disebut candi wulan

Lokasi 2 : Duren Sawit, Plengan
Dusun Duren Sawit dan Plengan terletak di lereng perbukitan Menoreh dengan panorama alam yang menarik. Di dusun ini suasana kehidupan dengan budaya lokal masih terasa begitu kental. Upacara-upacara adat masih rutin dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan-Nya.  Berbagai macam kesenian lokal juga masih terpelihara hingga dan menjadi suguhan utama pada setiap ada kegiatan di dusun ini. Selain mengikuti kegiatan warga, di sini Anda dapat menikmati dan belajar berbagai macam seni dan kebudayaan lokal yang akan membuat anda merasa seperti hidup pada masa pemerintahan kerajaan Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar