Minggu, 10 Februari 2013

Wisata Pantai di Kab.Gunung Kidul

1. PANTAI WEDIOMBO


Pantai Wediombo merupakan pantai alami dengan panorama yang sangat indah, terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo sekitar 40 KM arah tenggara kota Wonosari. Pantai berbentuk teluk dan landai dengan hamparan pasir putih , dapat dilihat secara terbuka baik dari atas perbukitan maupun dari pesisir pantai, sehingga memungkinkan wisatawan untuk menikmati panorama sunset yang sempurna , selain itu juga udara pantainya yang sejuk menyegarkan dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit asma. Bagi Wisatawan yang hobi memnacing dapat dilakukan di tempat ini dimana pada saat tertentu banyak ikan Panjo yang muncul sepanjang pantai. 

Satu Tahun sekali di pantai digelar adat budaya ngalangi yaitu upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan gawar yang terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungdowok dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat. 
Dalam satu kawasan dengan pantai ini terdapat Pantai Gremeng, Pantai Jungwok dan Pulau Kalong ( sebuah pulau yang dihuni ribuan kalong) yang dapat dicapai dengan tracing sekitar 1,5 KM ke arah timur.

2. PANTAI NGRENEHAN


Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 KM di sebelah selatan Kota Wonosari. para Wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh - oleh . 

Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 KM di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.



3. PANTAI DRINI

Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari sekitar 1 KM ke arah Timur dari pantai Sepanjang. Keistimewaan pantai ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Dirini dan konon kayunya dapat dipergunakan sebagai penangkal ular berbisa.






4. PANTAI SADENG

Pantai Sadeng terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung Kecamatan Girisubo berjarak sekitar 46 KM dari Wonosari, terdapat Telaga Suling yaitu lembah yang diyakini dahulu sebagai muara sungai Bengawan Solo Purba. Pantai ini juga dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut di Provinsi Yogyakarta. Wisataan dapat menikmati sajian masakan ikan laut atau membawa ikan laut segar sebagai oleh - oleh dengan harga yang terjangkau.

5. PANTAI BARON

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari sekitar 23 KM arah selatan Kota Wonosari, merupakan pantai pertama yang ditemui dari rangkaian kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak. 
Di pantai ini juga terdapat sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain dilaut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk menu khas Pantai Baron yaitu Sop kakap. Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang meligkar terdapat bukit kapur, wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 KM ke arah barat dari Pantai Baron tedapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, menantang keberanian untuk bertualang dan menikmati keindahan laut sekitar dengan leluasa dari atas bukit. 
Pada setiap bulan suro tahun baru jawa masyarakat nelayan setempat menyelenggarakan Upacara sedekah laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panenan ikan yan melimpah dan keselamatan mencari ikan dilaut.

6. PANTAI SLILI/WATULAWANG &  
     PANTAI NGANDONG


Pantai Slili dan Ngandong merupakan dua pantai yang sangat berdekatan bahkan bisa dikatakan dua pantai yang menyatu, dan tak jauh dari situ kurang lebih 500 meter ke arah timur akan dijumpai Pantai Sundak. Pantai Slili atau sering orang menyebutnya "Watu Lawang" karena disana ada pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong yang menyerupai pintu. Sedangkan Pantai Ngandong juga memiliki keindahan tersendiri, selain suasana pantai yang masih alami, para wisatawan yang berkunjung kesana bisa melakukan aktivitas seperti memancing, ataupun tracking dari Pantai Slili ke Pantai Sundak, serta melihat petani dan nelayan yang mencari rumput laut disekitar pantai. Fasilitas yang tersedia antara lain : Tempat Pelelangan Ikan (TPI), cottage "Crab Resort" dengan bangunan yang khas dan asri, serta fasilitas mini off-road.


7. PANTAI KUKUP


Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir pantai atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di Pantai Kukup. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut. Fasilitas yang ada diantaranya pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel melati, warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang ikan siap saji. Masyarakat setempat juga melaksanakan upacara sedekah laut dalam waktu yang bersamaan dengan nelayan Pantai Baron.


8. PANTAI SEPANJANG


Pantai Sepanjang terletak 1 km sebelah timur Pantai Kukup. Merupakan pantai yang masih alami dan pantai konservasi yang pada waktu-waktu tertentu biasa sebagai tempat pendaratan penyu laut untuk bertelur.












9. PANTAI KRAKAL

Pantai Krakal merupakan pantai yang luas dan terpanjang diantara pantai-pantai yang lain, dan terletak 2 km sebelah timur Pantai Drini. Pasir putih yang membentang berkilauan di sepanjang pantai sangat cocok untuk menikmati udara laut sambil melakukan aktivitas olahraga, sambil menikmati keindahan laut dan mencari biota laut dengan membawa jaring kecil yang banyak dijual disana. Pada waktu-waktu tertentu ada suguhan atraksi wisata di panggung terbuka di pinggir pantai. Fasilitas : hotel melati, rumah makan.

10. PANTAI SUNDAK

Pantai Sundak merupakan pantai yang indah dan berpasir putih. Disepanjang pantai ditumbuhi pandan sehingga menambah kesejukan suasana pantai. Tak jauh dari pantai terdapat goa kecil yang didalamnya terdapat sumber air tawar yang biasa dipakai penduduk untuk mencukupi kebutuhan air minum. Selain pantainya sejuk, di pantai ini cocok untuk berkemah. Fasilitas yang ada : pendopo untuk pertemuan, panggung terbuka, areal bermain anak, tempat berkemah, dan tentu saja warung-warung makan.

11. PANTAI SIUNG


Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus berjarak sekitar 35 km dari kota Wonosari, memiliki keindahan dan ciri kas tersendiri yaitu banyaknya bukit-bukit curam yang mengelilingi pantai dengan panorama yang indah.

Kondisi ini membuat pantai ini ideal untuk olahraga panjat tebing dan menurut penelitian di Pantai Siung ini terdapat 250 jalur pemanjatan, sehingga menjadikannya sebagai surga bagi climbers. Bahkan belum lama ini di Pantai Siung diselenggarakan Asian Climbing Gathering yang diikuti oleh 80 peserta dari 15 negara.
Fasilitas yang tersedia: bangunan untuk pertemuan, tempat pelelangan ikan, dan warung makan. Prasarana jalan yang cukup bagus dan mencapai bibir pantai.

12. PANTAI JUNGWOK


Pantai Jungwok berada di sebelah timur pantai Wediombo dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dari Pantai Wediombo. Akses menuju Pantai Jungwok belum dibuka dan baru dapat ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan ini sungguh  menyenangkan bila anda menikmatinya  dan di sekitarnya dapat melihat pantai dari tebing. 

Pemandangan Pantai Jungwok  sangat indah. Pemandangan khas yang dapat dilihat adalah batu besar yang ada di tengah laut. Batu ini biasa disebut dengan watu topi. Watu topi biasa dapat dinaiki dan dapat digunakan untuk memancing oleh penduduk setempat dan beberapa pengunjung. 
Pantai Jungwok memiliki pantai yang indah dan luas. Pantai ini memiliki pasir putih dan perairan yang dangkal. Biota laut yang banyak terdapat di sini antara lain bintang laut, ikan hias, dan berbagai macam algae.  Di samping itu, juga terdapat berbagai jenis burung. Di sepanjang pantai ditumbuhi oleh tumbuhan pandan. Pantai Jungwok masih sangat alami dan jauh dari keramaian. 

13. PANTAI NGUSALAN

Termasuk dalam Kawasan Pantai Wediombo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ngusalan, kata yang cukup sulit diucapkan oleh sebagian orang ternyata mempunyai makna tersendiri di pantai ini. Untuk sebagian penduduk di sekitar pantai ini, pantai Ngusalan ini mempunyai makna khusus yang  berarti  tempat hidupnya keong. Sungguh mengasyikan bila ada disini, bisa melihat banyaknya keong yang hidup di pantai Ngusalan ini. Selain keong terdapat juga binatang-binatang laut  lainnya seperti kerang, udang, lobster dan beberapa jenis ikan yanga ada.  
Tidak hanya itu saja, beberapa jenis algae seperti rumput laut mulai yang bisa di makan sampai yang tidak bisa di makan juga bisa temukan di pantai ini. Masih tak percaya?? Anda kesini saja, kami akan menunjukkan tempat indah ini.  Akan ada yang mengantarkan anda ketempat ini. 

14. PANTAI PULUTAN
Pantai Pulutan merupakan pantai di kawasan Wediombo yang sangat indah dan memiliki pasir putih yang sangat menawan. Keindahan panorama pantai ini dapat dinikmati sambil memancing ikan Panjau. Berbagai Jenis ikan khususnya ikan hias ini cukup banyak terdapat di kawasan pantai Pulutan. Kondisi Pantai Pulutan yang kecil dan terlindungi oleh dua buah bukit di samping kiri dan kanannya sangat menggugah hati untuk berjemur.
Selain itu pantai Pulutan ini biasanya dilewati oleh serombongan monyet. Monyet-monyet tersebut hidup liar di alam bebas. Mereka biasa tinggal di gua-gua yang ada. Puluhan monyet bertahan hidup  menggantungkan diri dengan persediaan makanan yang ada disekitarnya. Tak mengherankan bila kelak anda berkunjung di sini anda mungkin dapat bertemu langsung dengan monyet tersebut. Mungkin juga, dengan keberanian yang anda miliki mungkin anda bisa memberi makan secara langsung. Sungguh menyenangkan. Anda harus mencobanya.

15. PANTAI SEDAHAN
Pantai Sedahan seperti halnya pantai-pantai yang berada di sekitar kawasan Wediombo. Pantai ini juga memiliki panorama yang indah dan masih alami. Keindahan pantai ini diapit oleh dua buah tanjung yang tinggi sehingga seolah-olah diapit oleh dua buah gunung. Keindahan pantai kecil ini sangat disukai oleh wisatawan karena seakan-akan terpisah dari kehidupan luar. 
Keistimewaan dari Pantai Sedahan adalah sebagai tempat mendaratnya penyu untuk bertelur. Kejadian ini sangat digemari oleh wiatawan yang berminat. Beberapa jenis penyu langka masih ada disini. Pantai ini cukup luas sehingga tak ada salahnya anda bisa mengajak keluarga atau kerabat dekat anda untuk datang ke tempat ini. 

16. PANTAI SINDEN
Pantai Sinden mempunyai bentang alam yang luas dan dapat melihat berbagai panorama yang indah. Pantai Sinden dapat digunakan tempat pemancingan yang cukup banyak ikannya. Tempat pemancingan yang khas adalah yakni tanjung yang cocok untuk memancing. Di tempat ini anda dapat melihat secara jelas hamparan laut biru yang membentang luas. Kicauan burung camar putih bisa anda dengarkan langsung.
Selain itu, Panorama yang indah ditambah dengan adanya pulau Gelatik dapat ditempuh menggunakan jembatan tambang sederhana. Di pulau gelatik ini terdapat puluhan kelelawar-kelelawar yang hidup disini. Untuk mencapai pulau ini memerlukan sedikit usaha keras. Anda harus melewatinya dengan menggunakan tambang dan papan yang seadanya. Ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan petualangan yang menegangkan.  

17. PANTAI WATU LUMBUNG
Pantai Watu Lumbung terletak agak jauh dari pantai Wediombo. Pantai ini berada di sebelah barat pantai Wediombo. Pantai Watu Lumbung adalah berupa tanjung dengan tebing yang curam sehingga  nampak seperti batu-batu besar yang berada di tengah laut. 
Pantai Watu Lumbung dapat dicapai dengan jalan kaki kira-kira selama satu jam dari pusat informasi wisata di Wediombo atau dengan bersepeda gunung. Menikmati keindahan dengan bersepeda gunung akan memberikan kesan yang istimewa bagi para pelancong. Jika anda berjalan kaki maka jangan khawatir, kelelahan akan terbayar dengan keindahan panorama pantai ini.
Panorama yang ada tidak kalah bila dibandingkan dengan Tanah Lot yang ada di Pulau Dewata saat masih alami. Jadi jangan lewatkan kesempatan langka ini untuk mengunjungi Tanah Lot Gunung Kidul ini. 

18. PANTAI TIMANG
Pantai Timang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Pantai ini terletak diantara pantai siung dan pantai sundak Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi yang relatif terpencil dan akses yang sulit, membuat namanya kurang dikenal warga sekitar. Akan tetapi jika sudah sampai, capek yang dirasa akan terbayar.Di sisi barat kita dapat melihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya.
Di sebelah selatan dapat kita lihat onggokan batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut watu panjang atau batu panjang. Ada pula tali yang menghubungkan batu tersebut dengan daratan, dilengkapi alat sederhana untuk menyeberang. Pantai ini sepertinya belum dikembangkan sebagai obyek wisata. Ini terlihat dari jalan yang menuju pantai Timang yang lumayan berat. Kami harus melewati jalan berbatu sejauh kurang lebih 3 Km. Namun, panorama pantai yang alami dapat dinikmati di sini.

19. PANTAI PULANG SYAWAL
Pantai Pulang Syawal terletak di kawasan pantai Sundak Kecamatan Tepus, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak.  Pantai berpasir putih yang menghampar dari timur hingga barat ini terbilang baru dan cukup indah.  Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, baik dari luar kota maupun pengunjung lokal, bahkan turis mancanegara.
Di bagian barat dari pintu masuk pantai, terdapat gunungan batu karang yang cukup besar dan  elok. Dibalik batu karang tersebut terdapat pantai berpasir putih yang cukup luas.
Terkenal karena kelengkapan fasilitas yang disediakan. Antara lain penginapan, jetski, restoran, gazebo, pondok panggung dan lain-lain.

20. PANTAI POK TUNGGAL
Pantai Pok Tunggal ini terletak sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Pulang Syawal. Pantai ini baru dibuka sekitar beberapa bulan yang lalu atas keinginan masyarakat sekitar, namun sulitnya akses menuju ke lokasi akan terbayar dengan keindahan Pantai Pok Tunggal ini, untuk fasilitas kamar mandi, tempat parkir, dan warung camilan telah tersedia.
Pantai ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu pantai yang luas dan landai, ombak relatif tenang . Selain itu pantai ini mempunyai beberapa pohon yang sejuk untuk berteduh. Salah satunya pohon “Duras”.

21. PANTAI SANGLEN

Hampir semua pantai di Gunungkidul kini ramai oleh wisatawan, terutama pada hari libur. Pantai-pantai seperti Indrayanti, Baron, Drini, Sundak, Sepanjang, Krakal, dan Kukup sudah tidak asing ditelinga kita.
Namun, ada beberapa pantai yang masih menyimpan ketenangan dan pesona keindahan yang belum dijamah. Salah satunya pantai Sanglen yang terletak di antara Pantai Sepanjang dan pantai Watu Kodok.
Pantai ini tidak memiliki akses jalan untuk kendaraan. Untuk mencapainya, Anda harus memarkir kendaraan di Pantai Watu Kodok. Untuk mencapai Pantai Sanglen ada 2 rute dari Pantai Watu Kodok, yaitu mengelilingi karang-karang besar yang ada d ibibir pantai dan kedua adalah dengan berjaan kaki melewati persawahan dan rimbunnya tanaman liar.
Rute pertama cukup berbahaya, karena ombak yang besar dan karang-karangnya pun tidak beraturan. Oleh karena itu, jika ingin melewati rute ini disarankan tunggu sampai air laut surut pada pagi hari sebelum matahari muncul, atau pada sore hari.
Untuk rute kedua, bisa ditempuh sekitar 15 menit berjalan kaki mengitari bukit yang membelah pPntai Watu Kodok dan Pantai Sanglen. Ada pemandangan indah persawahan dan bukit-bukit di sini.
Ketika kami tiba di lokasi, benar-benar tidak ada orang lain selain kami. Tidak ada warung dan penginapan, atau pun penyewaan payung seperti kebanyakan pantai yang ada di wilayah selatan Gunungkidul.
Ciri dari pantai ini adalah ada sebuah gubug tua di tengah luasnya hamparan pasir putih yang sedikit curam. Biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk menyimpan alat pancing, ketika mereka memancing di pantai ini. Dari kejauhan, hanya terlihat beberapa orang warga sekitar pantai sedang memancing. 
Ombak di pantai ini terlihat lebih besar dari pantai-pantai lain. Pemandangan yang ditawarkan tidak kalah dari pantai-pantai lain di Gunungkidul. Di sebelah kiri pantai, terdapat batu karang sangat besar mempercantik pantai ini.

22. PANTAI INDRAYANTI
Pantai Indrayanti juga merupakan salah satu keindahan pantai di jajaran Pantai Gunung Kidul Yogyakarta, Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul dan masih merupakan kawasan Pantai sundak. Nama pantai inipun sebetulnya hanya diambilkan dari nama pengelola pantai tersebut. Pada dasarnya pantai pantai yang berada di sepanjang Kabupaten Gunungkidul tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya dan terkenal dengan pasir putihnya, hanya saja proses terjadinya pantai pantai ini yang terbentuk ribuan tahun lalu terhalang oleh bebatuan karang yang sangat besar dan tinggi. Inilah exotic yang ditawarkan dari pantai satu dengan yang lainnya yakni dihiasi tebing-tebing karang yang menakjubkan. 
Penataan dan konsep modern dalam pantai ini jelas sekali terlihat peralatan atau sarana yang  disediakan, ada jet sky, bahkan pantai ini memberikan denda bagi siapa saja yang membuang sampah sembarang, jadi  biasakan membuang sampah pada tempatnya. Ini sangat berpengaruh terhadap kebersihan yang dapat kita nikmati di Pantai ini. Namun jangan berpikiran kalau penataan tersebut mengurangi keasrian pantai ini. Justeru dengan konsep konsep ini keasrian pantai ini semakin terlihat lebih indah. Akses ke pantai Indrayanti saat ini sudah bagus, jalan yang mulus memudahkan kita dalam berkendara namun anda dihimbau tetap berhati-hati karena keberadaan jalan di kawasan selatan daerah Kabupaten Gunung Kidul ini rata rata banyak kelokan, tanjakan dan turunan curam.  Fasilitas yang ditawrkan pengelola pantai ini juga adanya cottage yang dapat dipakai untuk bermalam, sehingga kita  bisa menikmati malam di tepi pantai. Cottage yang ditawarkan dengan tarif Rp. 300.000,- sampai dengan Rp. 650.000,- sudah fasilitas yang cukup memadai. Saat ini tersedia 7 cottage, dan melihat perkembangannya tidak mustahil tempat ini akan semakin ramai pengunjung. Yang paling menarik bagi para pengunjung mungkin disuguhkannya gamelan yang merupakan musik khas jawa di bagian restaurant ini. Dengan alunan musik in selain menikmati pesona pantai kita juga disuguhkan dengan sensasi makanmalam yang luar biasa indahnya.
Makanan yang ditawarkan di Restauran ini pun tidak terlampau mahal. Kisaran harga setiap porsinya adalah Rp. 10.000,- hingga Rp. 100.000,-. Menu makanan tidak hanya Seafood saja yang selama ini menjadi andalan beberapa pantai di wilayah ini, namun ada menu ayam goreng dan bakar , minuman ada es kelapa muda, ada es jeruk, dan lain sebagainya.

23. PANTAI SARANGAN

Pantai yang berada di Gugusan pantai selatan pulau jawa tepatnya berada di desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul bersebelahan dengan Pantai Krakal.  Selama ini Pantai Krakal merupakan tujuan akhir paket rangkaian kunjungan ke pantai selatan Wonosari tersebut, yakni setelah pantai baron, pantai kukup baru kemudian Pantai krakal. Namun saat ini mungkin jadwal anda akan berubah untuk menyaksikan satu pantai dengan pesona yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Pantai yang bersanding mesra dengan pantai krakal ini menawarkan satu bentuk pantai bagai teluk kecil yang melengkung dengan garis pantai yang relative pendek kurang lebih hanya sekitar 200 meter saja. Namun keindahan kanan kiri pantai yang berupa tebing sekaligus pembatas dengan pantai krakal sangatlah menakjubkan serta hamparan pasir putihnya dan gelombang yang tidak begitu besar dibanding Pantai Krakal ataupun Pantai Baron. Akan lebih istimewa jika kita menaiki bukit batu karang tersebut, Sejauh mata memandang akan terlihat keindahan  dan luasnya pantai krakal serta deretan pantai yang memanjang ke timur sampai pantai sadranan bahkan pantai sundak.
Untuk menuju tempat ini pun sangat mudah tinggal mengikuti arah ke pantai krakal maka anda akan menjumpai petunjuk yang mengarah ke pantai ini, sangat sayang jika dilewatkan keindahan pantai sarangan ini jika telah sampai di pantai krakal. Bahkan belum lama ini Pembangunan jembatan untuk menghubungkan pantai Krakal dengan Pantai Sarangan telah selesai dengan menggunakan dana PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan tahun 2012 dan juga swadaya murni masyarakat Ngestirejo sendiri. Dengan pembangunan jembatan ini kiranya dapat mempermudah para wisatawan menikmati kawasan pantai baik pantai Sarangan maupun pantai Krakal.
Pantai ini memang tergolong baru dalam pengelolaan dibanding dengan banyak pantai yang ada di gunung kidul ini, namun keindahannya tidak akan kalah dari pantai pantai yang lain. Lengkapi koleksi kunjungan anda untuk melihat keindahan yang mempesona dari Gunung Kidul ini.

24. PANTAI SERUNI

Selain Pantai Baron dan Sundak, Gunungkidul di DI Yogyakarta masih punya pantai lain yang cantik, yaitu Pantai Seruni. Nama pantai yang dalam bahasa Yunani berarti emas ini memang memikat seperti emas. Pantai Seruni adalah pantai tersembunyi di sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Dengan pemandangan pantai landai berpasir putih, inilah surga di Yogyakarta. Pantai Seruni berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, kira-kira hanya 1 km di timur pantai Indrayanti dan Pok Tunggal, dan dapat tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Nama Seruni berasal dari nama bunga Seruni atau Chrysanthemum (latin)/ Chrysous (Yunani) yang berarti emas. Sama seperti halnya menggali emas, perjalanan menuju "pantai emas" ini juga tidak mudah. Untuk menuju ke sana hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau perahu. Sebenarnya ada 2 akses menuju pantai emas ini, yaitu melalui bibir pantai atau lewat bukit. Namun, saat itu kami datang terlalu sore, sehingga air laut sudah mulai pasang, dan akan berbahaya kalau nekat menyusuri bibir pantai. Perjalanan melewati 4 bukit dan ladang memakan waktu sekitar 2 jam dalam kondisi gelap. Sesampainya di sana, kami mendirikan 2 tenda dan bermalam sambil menunggu sunrise keesokan hari. Kelelahan perjalanan semalam akhirnya terbayar dengan pemandangan pantai landai berpasir putih dan lembut. Di sebelah barat terlihat aktivitas nelayan sekitar yang menjemur rumput laut dan memperbaiki jaring ikan. Di atas tebing sebelah timur terdapat sumber air tawar yang mengalir tak habis-habisnya. Sebagian mengalir ke bawah menjadi air terjun kecil. Sumber air ini oleh warga setempat sudah dibuatkan bak penampungan dilengkapi dengan pipa pancuran, sehingga traveler tidak kesulitan untuk berbilas dan mencuci peralatan. Kebersihan pantai juga masih terjaga, walaupun ada sampah-sampah plastik yang terselip di semak-semak dan di sekitar sumber air.
Di perjalanan pulang, kami memilih menyusuri bibir pantai karena air laut belum pasang. Tapi berhati-hatilah karena Anda harus menunggu ombak surut saat melewati bibir kaki tebing. Selain karang yang licin, teman-teman yang bawa gadget juga tidak rela kalau tas mereka basah saat ombak datang. Indahnya biota laut, pemandangan tebing karang yang alami dan 2 jam susur pantai membuat kami lebih fresh buat memulai hari Senin.

25. PANTAI GREWENG, SEDAHAN, DADAPAN
Belum habis ternyata, pantai-pantai indah di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Wonosari ada 3 pantai tersembunyi, yaitu Greweng, Sedahan, dan Dadapan. 3 tempat ini bagai surga yang perawan di Gunungkidul. Tujuan perjalanan kali ini yaitu Pantai Greweng, Pantai Sedahan, dan Pantai Dadapan. 3 Lokasi pantai ini bertetanggaan dengan bukit yang lumayan tinggi. Selain itu, bukit tersebut juga menjadi batasnya. 3 Pantai ini, tempatnya sangat tenang, jauh dari keramaian, masih ada hewan liar yang berjalan-jalan. Menurut cerita, tempat ini pernah menjadi lokasi syuting acara petualangan di salah satu televisi nasional. Untuk mencapai 3 pantai tersebut, kita harus punya semangat ekstra karena jalanannya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Sejauh kurang lebih 3 km dari parkiran Pantai Wediombo wisatawan akan melewati daerah pertanian penduduk dan bukit-bukit batu. Kemungkinan keluar atau tersasar dari jalur perjalanan pun sangat mungkin terjadi karena tidak ada papan penunjuk arah, serta kontur bukit satu dan yang lainnya mirip. Salah satu jurus agar tidak tersasar adalah bertanya ke penduduk lokal yang ramah.
Tiba di destinasi pertama, yaitu Pantai Greweng kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang lumayan luas, seluas lapangan sepak bola dengan bukit yang membatasi di kedua sisi. Mungkin Anda tidak akan menjumpai orang lain selain diri Anda sendiri dan partner petualangan ketika sampai di Greweng. Di sekitar Greweng ada beberapa gua dan lokasi pertapaan. Dari Cerita penduduk setempat, jika ada yang bertapa dan menenangkan diri di sana niscaya permohonannya akan cepat terkabul. Namun, pastinya banyak godaan dan gangguan akan menghampiri orang yang bertapa.
Jika Anda suka kemping di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, Pantai Greweng adalah lokasi yang pas. Di sana ada sungai kecil dan sumber mata air tawar yang jaraknya lumayan jauh dari pantai. Setiap hari ada penduduk yang melewati pantai untuk berangkat atau pulang memancing dari pemancingan di atas karang. Jadi bagi yang ingin kemping di sana jangan mengkhawatirkan stok makanan. Setelah puas menikmati Pantai Greweng, di timurnya ada Pantai Sedahan yang tak kalah cantik karena masih alami. Hanya beberapa penduduk lokal yang memanfaatkan pantai untuk membudidayakan rumput laut. Sedangkan, untuk menuju Pantai Sedahan tenaga ekstra kembali dibutuhkan untuk menaiki bukit karang setinggi 40 meter. Para petualang diharapkan juga berhati-hati karena daerahnya berbatu dan terjal. Dari atas bukit, Pantai Sedahan akan terlihat kecil. Jika ingin keluar sejenak dari jalur, kita akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan juga dari tebing Sinden dan Pulau Glatik. Sedahan punya pantai pasir putih yang bersih dan teduh. Di balik bukit adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati ombak yang menabrak karang hingga menyembur tinggi. Bila Anda sudah puas di Sedahan, naik ke sebuah bukit lagi di sebelah timur. Kita akan mendapati satu pantai lagi, yakni Pantai Dadapan. Pantai Dadapan lebih kecil dari pantai-pantai sebelumnya. Di pasirnya, banyak kayu-kayu lapuk dan dedaunan yang mendarat dari laut. Dadapan masih begitu alami karena saat sore hari banyak kelomang (Pong-pongan) yang berjalan-jalan mencari makannya, buah palem laut.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar