Minggu, 10 Februari 2013

Cara Lain Menikmati Akhir Pekan di Kab. Gunung Kidul

Goa Kalisuci

Gunungkidul terkenal dengan deretan pantainya yang cantik dan eksotis. Tapi ternyata, ada juga tubing atau jelajah gua yang tak kalah seru dari bermain di pantai, salah satunya di Gua Kalisuci.

Eksotisme caving di Gunungkidul tidak perlu diragukan lagi. Setelah Gua Pindul, kini ada lagi obyek baru caving Gua Kalisuci di Semanu, Wonosari, yang siap memberi tantangan dan adrenalin.

Akhir-akhir ini wisata caving dengan ban atau tubing sangat diminati oleh wisatawan yang sudah bosan dengan keindahan pantai maupun obyek wisata lainnya. Di Gunungkidul, kini ada wisata gua yang sedang nge-tren yaitu Gua Kalisuci yang letaknya di sebelah selatan Kota Wonosari. 

Untuk mencapai lokasi wisata caving, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum tidak ada. Jika dari Kota Jogja Anda melewati Kota Wonosari menuju arah selatan sekitar 3-4 km jauhnya. Kemudian belok melalui jalan kecil ke arah SMP 3 Semanu sejauh lebih kurang 7 km. 

Sama dengan obyek caving lainnya, di sini juga terdapat aliran air dengan kedalaman sekitar 3 meter. Sementara di dalam gua ada juga bebatuan stalaktit dan stalagmit. 

Untuk menuju spot caving Anda harus menuruni tebing sejauh 150 meter. Setelah sampai spot caving barulah Anda bisa memakai pelampung, ban dan pelindung kepala sehingga yang tidak bisa berenang pun tidak akan tenggelam. 

Disarankan jangan memakai sandal sewaktu menuju spot caving karena jalan berlumpur. Ada 3 pemandu yang mengawal caving sembari menjelaskan keunikan Gua Kalisuci. 

Begitu memasuki Gua Kalisuci, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Di sekeliling gua ada kelelawar sehingga kita harus memakai pelindung kepala agar tidak kena air pipisnya kelelawar. Ini juga yang membuat caving sepanjang 100 meter memberikan sensasi yang luar biasa. 

Ada 2 spot di Gua Kalisuci, spot pertama adalah arus tenang, sehingga tangan harus ikut mendayung. Sedangkan spot kedua memiliki arus yangĂ‚  lumayan sehingga memberikan tantangan ketika berkelok melewati bebatuan.

Keluar dari spot caving, Anda bisa berenang atau loncat ke sungai untuk foto narsis. Untuk kembali ke spot caving, Anda harus naik tebing dengan tali sepanjang 300 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar