Selasa, 15 Januari 2013

Wisata Pantai


PANTAI WATULAWANG

Pantai Watu lawang memang baru dibuka sebagai tempat wisata di kawasan Gunungkidul namun keberadaannya sebenarnya sudah sangat menakjubkan hanya saja prasarana untuk mencapai pantai ini dulunya orang agak kesulitan bahkan kondisi saat ini jalan masuk ke pantai ini masih berupa jalan dari batu yang belum beraspal. Keberadaan Pantai laut Selatan yang berpasir putih dengan aneka formasi gundukan batu karang. Watu lawang merupakan dua suku kata bahasa jawa, Watu berati batu sedangan lawang adalah pintu. Mungkin keberadaan batu karang inilah yang dimaksud dengan pintu atau pantai yang mempunyai pintu batu. Formasi batu karang dikanan kiri pantai dapat berbentuk semacam pintu gerbang sebelum ke area pantai. Pantai ini berada di desa Pantai ini terletak di sebelah timur pantai Indrayanti yang sudah cukup lama terkenal dengan segala kelengkapannya. Oleh penduduk sekitar Pantai ini sering dimanfaatkan untuk menambah penghasilan yakni dengan mengumpulkan kulit kerang yang kemudian disetor kepada para pengepul. Kulit kulit kerang ini kemudian oleh pengepul akan dirangkai untuk menjadi souvenir yang banyak dijual di beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul seperti pantai Baron, Pantai Kukup dan Pantai Krakal.
Bukan itu saja di pantai ini juga terdapat banyak rumput laut yang sering di ambil juga oleh penduduk sekitar. Untuk setiap satu  kilogramnya mereka hanya menerima upah sebesar Rp. 1.000,- saja, sungguh harga yang sangat murah. Namun apa boleh buat mereka hanya bisa mengumpulkan saja selebihya mereka tidak tahu apa yang akan diproses selanjutnya terhadap rumput laut tersebut.
Pantai ini masih sangat sepi pengunjung karena memang belum banyak publikasi mengenai pantai ini, sehingga tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri. Pada dasarnya keberadaan pantai ini tertutup oleh tebing karang sehingga agak tersebunyi. Bagi anda yang benar benar ingin menikmati suasana pantai dan ingin menikmati pantai yan masih asri dengan pesona pemandangan yag menakjubkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar